Advertisement

Responsive Advertisement

Sudah Merdeka ?

Oleh : Brian fau


Sampai hari ini rasanya merdeka itu hanya sebatas ucapan dan ucapan. Kita mengetahui jelas bagaimana susahnya para pejuang bangsa ini mengusir penjajah. Mereka membayarnya dengan nyawa yang tak ternilai harganya. Lalu apa balasan terimakasih kita ? Sekelompok orang mengacaukan  hasil perjuangan itu.

Belakangan demam politik mewabah dimana-mana. Bayangan kita seharusnya politik itu sebagai sarana berdemokrasi justru sebaliknya, rentan perpecahan. Bahkan sangat jelas mengacaukan hasil perjuangan pendiri bangsa ini. Saya semakin menganggap para pemain dalam dunia politik selalu membuat drama yang mirip sinetron. Bahkan agama pun menjadi kendaraan terhandal bagi mereka yang ingin meraih kekuasaan. Sepertinya kelompok semacam kalian perlu planet baru !

Hari ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata seperti pejuang pendahulu. Memperjuangkan keadilan sosial adalah tugas kita. Ironisnya ketika negara ini dihadirkan pemimpin yang berkeadilan, sekelompok orang membenci itu semua. Benar kata Bung Karno " Perjuangan kita akan lebih berat melawan bangsa sendiri". Tampaknya para pengacau bangsa ini harus dilawan ! Kita sepenuhnya belum merdeka.

Besar harapan masyarakat Indonesia kepada penyambung aspirasi yang adalah mahasiswa. Mereka menginginkan bangsa ini kembali ke cita-cita mulia, Merdeka sepenuhnya ! Tetapi belakangan penyambung aspirasi ini kelihatan kurang semangat. Tidak tahu mengapa.

Posting Komentar

0 Komentar